Resep Membuat Puding Lapis Mantap, Lembut di Mulut dan Bikin Ketagihan by diana az

Ini BUKAN puding ala Lapis Surabaya yg sempat booming itu ya..😊 
Resep nya jauh berbeda kok.. Tampilannya pun biar sepintas mirip tapi tetap ada perbedaannya. Walaupun sama2 'menyandang' nama yg hampir serupa. 
Bisa dikatakan kalo ini adalah puding jadul.. yg saya ingat duluuuu bangettt waktu saya masih bocah, tiap Lebaran tetangga rumah rame2 pada menyuguhkan puding ini.

Nah, pas saya SMP 'dua abad' yg lalu πŸ˜…πŸ˜œ.. ceritanya ada pelajaran keterampilan (kalo kurikulum sekrg mgkn = muatan lokal kali yaa...) salah satu ujian prakteknya waktu itu disuruh mempraktekkan salah satu resep dari guru, diantaranya puding ini. 
Saya waktu itu senang banget akhirnya ketemu dgn resep ini. 
Tapi resep ini sdh hasil utak-atik saya. Resep asli nya entah kemana.. πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Ohya, ada bbrp hal yg penting nih : 
Jangan takut dgn bau telur yaa karena saat puding disantap, sama sekali tak tercium aroma telur loh... Malah wangi kayak kue bolu... Makanya penggunaan vanili sangat membantu meminimalisir bau telur....✔

Lalu adonannya kok mentah?? 
Jangan khawatir juga, soalnya adonan telur ketika di tuang rebusan agar yang panas mendidih, akan mematikan bakteri yang ada. Gitu sih penjelasan dari bu guru yg saya ingat..✔

Dan sampai sekarang puding ini tetap jadi favorit di keluarga saya. Apalagi jika Lebaran, ga bakalan ketinggalan...

Sepintas juga mirip sama Puding Casablanca ya.. tapi ini jauh lebih empuk seperti cake tapi dalam bentuk puding...nah loo?? Yuks mari yg mau coba...😊

Bahan-bahan
  • 6 butir telur
  • 300 gram gula pasir
  • 1 kotak kecil vanili bubuk
  • 250 gram tepung terigu (di sangrai dulu)
  • 1/2 kaleng SKM putih
  • 100 gram margarin (dilelehkan)
  • 2 bungkus agar-agar bubuk
  • 800 cc air
  • 3 sdm cokelat bubuk (dilarutkan dengan sedikit air panas)

Langkah
  1. Siapkan dulu loyang persegi, saya pake yg ukuran 20x20 cm. Oles dgn margarin. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula dan vanili sampai mengembang. Masukkan terigu, aduk perlahan. Tambahkan susu kental manis dan margarin cair, aduk rata.
  3. Bagi jadi dua bagian. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, 1 bungkus agar-agar dan cokelat bubuk yg sdh diencerkan tadi direbus bersama dgn 400 cc air sampai mendidih. Matikan api gas. Angkat.
  5. Panas2 langsung masukkan kedalam satu bagian adonan telur. Aduk cepat-cepat hingga tercampur rata. Lalu tuang kedalam loyang (Krn adonan agak kental, jd cukup diangin2kan saja maka lapisan atas puding pun sdh cukup mengeras). Sisihkan dulu.
  6. Kemudian rebus sisa agar-agar dan sisa air sampai mendidih. Panas2 langsung tuang kedalam sisa adonan telur, aduk cepat-cepat.
  7. Tuang ke atas puding cokelat tadi sedikit2 hingga menutup permukaan.
  8. Diamkan dalam lemari es hingga dingin.

Catatan : adonan puding ini agak kental jd tanpa perlu dimasukkan kulkas pun sdh cepat terbentuk lapisan kulit dipermukaan nya. Saat lapisan pertama sdh dituang, segera buat lapisan berikutnya. Supaya lapisan berikutnya bisa menempel dgn sempurna.


Sumber : www.cookpad.com

Entri Populer

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!

Inidia Rahasia Resep Membuat Sambel Pecel Lele Ala Seafood Pinggir Jalan. Nyosss Gendosss RasanyaπŸ‘

Ini Dia Rahasia Resep Minyak Abang Nasi Goreng, Mie ayam, dan Abang Penjual Makanan Enak Pinggir Jalan Lainnya