Resep Membuat Caramel Cake atau Kue Sarang Semut yang Enak, Kenyal dan Legit By Ayuaudrey91

Kue karamel atau bolu sarang semut ini adalah favoritku sejak kecil, sukaaa bangeet sama kue ini, karena rasanya enaak deh pokoknya, sewaktu kecil kalo di ajak ke toko kue saya selalu pilih kue ini....hehe...

Beberapa waktu yang lalu, mbak Elly Salman posting foto kue ini di fb, waah....jadi kepingiiiin banget, pengen mbikin. tapi resepnya belum ditulis di blog sama Mbak Elly. Karena saking kepinginnnya mbikin, akhirnya saya cari-cari resep kue karamel ini, lalu saya nemu resep dari bunda Ayuaudrey9, langsung eksekusi dan Alhamdulillah sukses dan enaak bangeettt..

Bahan Bahan dan Cara Pembuatannya
  • 500 gram gula pasir
  • 500 cc air
  • Siapkan wajan yg agak tebal, lalu nyalakan api kecil aja kemudian tuangkan gula, biarkan menjadi angus dan jgn diaduk, cukup goyangkan wajan biar gula larut rata angusnya. kemudian tuangkan air, dan biarkan gula larut serta menyusut sampai sisa akhir menjadi 500cc, angkat, dinginkan.
  • 200 gram mentega ( aku pake blueband ) lelehkan dan biarkan dingin...sisihkan.
  • 5 butir telur
  • 200 cc susu kental manis ( aku pakai susu kental manis coklat )
  • 1/2 sendok teh vanili
  • Campurkan lalu aduk menggunakan whisk sekitar 8 menit sampai rata..sisihkan
  • 150 gram sagu
  • 150 gram terigu segitiga
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh soda kue
  • Ayak jadi 4 bahan keringnya ya
  • Di dalam wadah yang agak lebar, masukkan bahan kering. lalu buat cekungan pada bagian tengah kemudian tuangkan sedikit demi sedikit adonan telur, aduk melingkar dengan bantuan whisk.
  • Setelah rata, masukkan mentega cair, ratakan dan terakhir tuangkan secara bertahap cairan caramel.
  • ratakan
  • Saring, lalu tuangkan ke dalam loyang. ( loyang wajib olesi mentega dan tabur dengan sedikit terigu )
  • Panggang adonan di dalam oven dengan api atas bawah, suhu 160 derajat celcius sampai matang.


Selamat mencoba _ happy baking.


Sumber : www.inirecipes.id