Resep Membuat Keripik Tempe Sagu Atau Kanji A.k.a Kripik Tempe Gurih, Bisa Jadi Ide Usaha Lebaran Nanti !!

Dah laaaamaaaaa banget pingin bikin keripik ini. Lihat beberapa kali ada yg posting di fb. Tapi baru bisa (baca: gak males) bikin pas mudik ini.  Bikinnya gampang. Yg butuh ketelatenan pas motong n gorengnya aja.

Kali ini yg saya share rasa original, pake dicelup air garam saja. Kalo mau dibumbui lengkap silahkan saja. Keripik ini bisa dijadikan ladang usaha juga lho. Cuman saya ga sempet nimbang jadi berapa gram karena pas goreng ditemenin suami dan setiap kali selesai goreng dah habis tak bersisa. Yg ini ninggalin beberapa karena mertuanya belum ngerasain. Hehe 

Oiya, calon tempe itu adalah tempe yg sudah diberi ragi tapi masih berbentuk kedelai.

Bahan-bahan:

400 gr calon tempe
400 gr tepung kanji
Bahan celupan:
1,5 sdt garam
1 gelas air

Langkah :

Taruh calon tempe kedalam wadah yg besar. Beli calon tempe ke penjual tempe langganan supaya terjamin kualitasnya. Kadang ada tempe yg rasanya asem kan ya.

Masukkan kanji. Campur rata menggunakan sendok atau centong. Jangan sampai kena tangan dan garam. Apalagi kalau tangannya kena garam. Ragi akan mati kalau tercampur garam.

Campur sampai bergerindil.

Masukkan ke dalam plastik dg menggunakan sendok. Tekan sampai padat. Padaaaat banget. Ikat plastiknya rapat2. Tusuk2 pakai lidi. Bagian ini jangan sampai kelupaan lhoh yaaa.

Ikat dengan tali lali gantung. Digantung gini supaya tetap bulat bentuknya. Diamkan selama 24 jam. Saya diamkan selama 36 jam. Ini setelah 24 jam. Jadinya padat seperti tempe beneran.

Ini setelah 24 jam. Dipotong2 masih ada bagian yg rapuh gripil. Akhirnya saya tambah jadi 36 jam. Ini setelah 36 jam, lebih kokoh dan padat. Potong ya tipis2 yaa. Kalau tebal nanti akan alot. Usahakan pakai pisau yang tajam dan tipis.

Celup ke dalam air garam. Begitu dicelup langsung digoreng ya. Jangan direndam karena nanti akan hancur. Goreng Pakai minyak yg banyak, panas dan api kecil. Nanti hasilnya akan putih cantik. Jangan masukkan banyak2 ya, nanti bisa bertumpuk dan lengket.. goreng sampai benar2 matang supaya renyah dan tidak alot. Tandanya minyak sudah tenang dan tidak berisik.

Bisa dijadikan ladang usaha. Supaya bisa goreng pagi, start ngaduk n bungkusinnya bisa dimulai sore hari. Nginep 2 malam dan pagi harinya bisa diiris dan di goreng.

Selamat mencoba