Resep Membuat Roti Goreng Wijen Cuma 3 Bahan. Tapi Hasilnya Enak, Lembut dan Renyah !!

Resep Roti Goreng Tabur Wijen ala Sista Maryam Maeco yang lezat ini! Cara bikin roti goreng ini cukup mudah dan praktis bingiiit , karena bunda hanya perlu nyiapin tiga bahan utama saja, ialah terigu, gula halus dan telur. Sementara untuk bahan-bahan tembahan yang lainnya seperti vanili dan garam pasti sudah tersedia di dapur bunda, atau beli ke warung depan rumah juga pasti ada hehehe.

Meskipun terlihat dari bahan-bahanya yang praktis dan sepertinya mudah, tapi ada beberapa hal yang wajib bunda ketahui supaya nanti hasilnya, roti goreng yang bunda bikin bisa renyah, empuk dan lembut. Jangan pakai ragi yang sudah terbuka.sudah tidak aktif dan bunda usahakan jika mau bikin roti goreng ini beli ragi / fermipan yang baru saja yang belum terbuka, supaya lebih terjamin daya kembangnya bund.

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu 200 gram
  • Air hangat 70 ml
  • Gula halus 50 gram atau (bisa diganti dengan 40-45g gula pasir biasa)
  • Ragi instan/fermipan 1 sendok teh
  • Telur 1 butir
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Vanili 1/4 sendok teh


Cara Membuat Roti Goreng Wijen

  1. Larutkan 1 sendok teh ragi instan dengan air hangat secukupnya di dalam wadah atau gelas dan sisihkan.
  2. Dalam wadah lain, kocok 1 butir telur sampai mengembang, lalu masukkan 200 gram tepung terigu, 50 gram gula halus, 1 sendok teh ragi instan yang sudah dilarutkan tadi, 1/4 sendok teh vanili dan 1/4 sendok teh garam, aduk rata, kemudian masukkan 70 ml air sedikit-sedikit sambil adonan terus diaduk hingga rata dan kalis.
  3. Bulatkan adonan, lalu simpan dalam wadah dan biarkan selama 1 jam sambil di tutup pakai kain basah sampai mengembang.
  4. Setelah adonan mengembang, simpan adonan di atas talenan yang sudah di beri taburi tepung sebelumnya, lalu giling menggunakan gilingan kayu atau botol kaca sampai tebalannya sekitar 2 cm, dan olesi bagian atasnya dengan sedikit air, taburi dengan wijen secukupnya.
  5. Sekarang tinggal bunda potong-potong deh adonanya dengan ukuran dan bentuk sesuai selera bunda dan keluarga.
  6. Panaskan minyak di atas wajan, lalu goreng di atas api sedang sampai warnanya coklat keemasan. Angkat dan tiriskan deh di atas saringan atau tissue.


Selesai dengggg! Kini roti goreng tabur wijen yang enak, empuk dan lembut ini sudah siap bunda hidangkan bersama keluarga tercinta di rumah selagi masih hangat.

Resep: Maryam Maeco

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!