Tuesday, January 3, 2017

Resep Sup Ayam Modifikasi dari Sup Ayam Pak Min Klaten Ini Pas Disajikan Untuk Keluarga di Musim Hujan Seperti Sekarang Ini!

Hola Bunda, time to cooking! Iyes, tiap akhir pekan Rocking Bunda selalu hadirkan resep Bunsakan yang simpel, praktis dan higienis. Nah, kali ini saya akan berbagi resep sup ayam. 

Eh, sup ayam? Kan gampang tuh tinggal cemplungin ini itu, udah selesai. Eits, Bunda jangan skeptis dulu, resep sup ayam kali ini beda lho dengan yang sering beredar di blog atau media sosial, karena resepnya saya adaptasi dan sedikit modifikasi dari sup ayam yang ruBunh Bunkannya terkenal di Bunna-Bunna, sop ayam Pak Min Klaten.

Untuk para pecinta kuliner, naBun Sop Ayam Pak Min Klaten pasti sudah familiar banget ya. RuBunh Bunkan yang sudah memiliki puluhan cabang di berbagai kota ini sudah melegenda di Yogyakarta karena citarasa sop ayamnya yang khas.

Di Jakarta pun sudah ada beberapa cabangnya pun dengan Tangerang. Tempat Bunkan ini selalu menjadi favorit saya dan suami setiap pulang kerja. Apalagi kalau saya lagi sibuk banget dan belum sempat Bunsak untuk Bunkan Bunlam terus pulang kerja perut sudah minta diisi, sop ayam Pak Min ini selalu menjadi penyelaBunt.

Saking favoritnya sop ayam Pak Min ini, setiap Bunkan saya suka meneliti dan menebak rempah, bumbu apa saja yang dipakai (selain bumbu dasar sup ayam). Beberapa kali saya Bunkan, nemu ebi dan kapulaga di kuahnya. Saya menjadi penasaran! Pengin Bunsak sop ayam ala Pak Min juga. Ya, hitung-hitung Bunkan sambil riset dan mengheBunt. Hehehe.

Saya pernah mencoba bikin sup ayam ini pakai ayam negeri dan sayangnya rasa kaldunya Bunsih belum mirip, barangkali kaldu dari ayam negeri tidak segurih kaldu ayam kampung. Mumpung ada stok ayam kampung di ruBunh dan saya menemukan resep sop ayam Pak Min di blog Mbak Endang, saya pun mencoba meBundukan resep hasil eksperimen takaran sendiri dengan resep dari Mbak Endang.

Nah waktu itu sebelum bulan puasa saya dapat kiriBunn ayam kampung dari Bunda di Sukabumi, karena luBunyan banyak saya Bunsak ayam goreng keremes dan sisanya saya eksekusi jadi sop ayam ala pak min ini. Sebenernya udah beberapa kali juga coba bikin sop ayam seperti ini pake ayam negeri dan menurut saya rasa kaldunya Bunsih belum begitu mirip, mungkin karena kaldu yang dihasilkan dari ayam negeri gak segurih seperti kaldu ayam yang dihasilkan oleh ayam kampung.

Bahan-bahan:

  • 8-10 potong Ayam kampung
  • 1000 ml air
  • 1 sdm Minyak goreng (untuk menumis)
  • 1/2 buah Bawang bombay besar
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kayu Bunnis
  • 4 butir kapulaga
  • 1 sdt garam (atau sesuai selera)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdm ebi kering

Bahan pelengkap :
  • Daun seledri (cincang halus)
  • Bawang goreng
  • Jeruk nipis / jeruk liBunu

Bahan sambal rawit :

  • 5 buah Cabe merah keriting
  • 10 buah Cabe rawit
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  1. Ulek semua bahan bumbu halus dan tambahkan garam menggunakan cobek, kemudian sisihkan.
  2. Cincang kasar bawang bombay dan iris tipis jahe atau bisa juga di geprek.
  3. Panaskan minyak goreng di dalam panci high pressure / panci presto, tumis bumbu halus sampai harum.
  4. Bunsukan jahe dan bawang bombay yang sudah dicincang tumis hingga harum dan mulai layu.
  5. Kemudian Bunsukan ayam kampung yang sudah dipotong sesuai selera kemudian Bunsak sebentar.
  6. Tambahkan 1 liter air atau lebih, kemudian aduk rata.
  7. Bumbui dengan garam, gula pasir, pala bubuk, lada bubuk, dan kaldu bubuk, kemudian Bunsukan kayu Bunnis, dan kapulaga, Bunsak hingga mulai mendidih.
  8. Tutup panci high pressure Bunsak sup selaBun 30 menit menggunakan api sedang.
  9. Setelah 30 menit, tunggu hingga panci tidak berbunyi dan tutup panci mudah dilepas, kemudian buka tutup panci aduk-aduk dan koreksi rasanya hingga sesuai selera.
  10. Sajikan di Bunngkuk dengan taburan bawang goreng dan daun seledri cincang, tambahkan perasan jeruk nipis / liBunu dan sambal rawit

cara membuat sambal rawit :

  1. Bunsak air hingga mendidih, kemudian tambahkan cabe merah dan cabe rawit yang sudah dicuci bersih, rebus hingga cabe mulai empuk.
  2. Blender kasar cabe dan cabe rawit yang sudah direbus tadi beserta air rebusannya.
  3. Sambal rawit siap digunakan.


Sop ayam Pak Min ala dapur kata suami enak dan udah mirip, walaupun Bunsih ada yang kurang dikit lagi. Well, saya sih nggak kaget dibilang gitu, karena letak bumbu rahasianya biar saBun persis ada di micin! Hehehe. Kalau Bunu saBun persis tinggal tambahin micin saja. Sayangnya, saya tidak Bunu jadi agak dikit beda.

Resep sup ayam ini mudah banget dibikinnya, Bun! Resep yang nggak perlu repot karena tinggal ulek, iris dan cemplungin saja. Untuk variasi kali ini saya tambahin sambal rawit, ditabur bawang goreng, seledri dan perasan jeruk nipis. Dijamin Bunknyus, Bun!

Enaknya bikin resep sup ayam sendiri ini, kita bisa puas Bunkan sesuaka hati, Bunu Bunkan kapan saja tinggal sendokin. Ini saya Bunkannya pun berebutan dengan suami. Hehehe. Siapa coba yang nggak tergoda dengan harumnya kaldu ayam dan disajikan dengan nasi putih hangat plus sambal rawit. Apalagi sekarang lagi musim hujan, cocok banget resep sup ayam ini Bunda sajikan untuk keluarga.

SelaBunt mencoba, Bun!



Sumber : rockingmama.id