Resep Sarang Semut Enak Kenyal di Jamin Laris jadi Rebutan Keluarga by Xanderskitchen




KARTU KREDIT, KARTU KREDIT CIMB, KARTU KREDIT MEGA, TIRTO.ID, asuransi mobil murah, harga mobil terbaru, kecantikan wanita, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS,
Ini resep yg paling banyak di rebake setelah ksb dulu 😄 malah udh dipakai jualan oleh beberapa bakul kue di instagram. Kog sy tau? Ya krn yg pakai resep ini utk jualan, ngaku trus dm sy ngucapin terimakasih hehehe...


sy senang kalo resep yg sy share bisa bermanfaat atau jd sumber rejeki bagi org lain. Secara ga langsung jd saluran berkat buat org lain kan 😉 Sarang semut ini beda dg yg dulu pernah sy posting ya. Yg itu resep catatan nina. Klo yg ini hasil coba2 sy berdasarkan ingatan sy akan resep sarang semut bikinan mama sy yg enaaaaak itu 😄 mama sy lupa takarannya krn udh bertahun2 ngga bikin, ukurnya jg pake gelas belimbing.

Akhirnya sy nyoba2 sendiri deh sambil ditimbang...jujur resep ini hasil kolaborasi ingatan sy dg pembantu sy yg tua itu 😁😄 krn dulu kan dia yg suka bantuin mama sy jd masih inget lah dikit2, sisanya ya sy kira2 sendiri. Coba 1x lgsg berhasil. Cukup puas sama hasilnya, mirip sarang semut mama. Sarang semut ini teksturnya kenyal krn ada campuran tapiokanya.

Sy sukaa sama tekstur kue yg kenyal2 dibanding lembek2...sarang semut ini selesai dipanggang akan kelihatan berminyak sekali, tenang aja pas sarang semutnya dingin minyaknya akan hilang menyerap pkknya rasanya enaak. Ntar kapan2 sy coba bikin lg trus kurangin butternya 50gr mau tau hasilnya gimana. O ya usahain bikinnya jgn full margarin ya...apalagi yg merk blueb*** itu, sy yakin hasilnya bakalan asiiiin banget 😂😂 kalo mau pake margarin cari lah margarin yg rasanya ngga asiiin. Ok selamat menco

Hasil Jadi 6 porsi

Bahan-bahan :
  • 500 gr gula pasir
  • 500 ml air panas
  • 5 btr telur ayam
  • 150 gr terigu
  • 150 gr tapioka / sagu
  • 200 ml susu kental manis
  • 200 gr butter
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue



Langkah pembuatan: 

  1. Buat caramel dg cara panaskan gula pasir diatas wajan dg api keciil, jgn diaduk biarkan sampai meleleh semua, tuangkan air panas pelan2 aduk sampai gula larut. Matikan api. Biarkan sampai dingin
  2. Ayak terigu, tapioka, b powder dan soda kue. Sisihkan
  3. Campur telur dan skm cukup pakai whisker sampai rata.
  4. Masukkan ke dalam campuran telur, tepung yg sudah diayak bergantian dg caramel sampai habis, aduk rata
  5. Tambahkan butter cair. Aduk rata dg whisker. Jika masih bergerindil. Saring
  6. Penampakan adonan sarang semut yg sudah siap dipanggang. Adonan memang bentuknya cair yaTuang adonan kue ke dalam loyang yg sudah dioles mentega dan ditaburi tepung. Panggang sampai matang. Sy panggang kira2 45 mnt 175 derajad, api atas bawah
  7. Kue sarang semut yg sudah matang. Keluarkan dr loyang. Jika sudah dingin baru potong2



Update kemarin sy bikin sarang semut. Butter saya kurangin. Sy pakai 100gr butter dan 50 gr blueband. Selebihnya resep sama. Hasilnya kurang ok ya. Hari ke 2 kue kenyal cenderung keras beda dg yg pakai butter 200gr kue kenyal tp lembut sampai besoknya. Jd tetap pakai resep yg ini aja ya 😉

Resep dari : Xanderskitchen

Subscribe to receive free email updates: