Resep Praktis Membuat Klepon Ketan Enak, Kenyal, no Kapur Sirih...

Selain dengan khas isi gula merahnya, kue klepon juga sering kali disajikan lebih modern dengan beragam aneka rasa dan aneka warna. Di antara berbagai macam variasinya tersebut, kreasi cara membuat klepon yang mudah dan praktis tanpa kapur sirih juga dapat menjadi pilihan kudapan sederhana yang enak, tentunya dengan aneka isian yang bisa disesuaikan menurut selera.

Kue basah tradisional ini dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahan sebagai adonan dasarnya. Tidak hanya dari tepung ketan putih atau hitam tetapi tepung beras, ubi, singkong bahkan hingga labu kuning juga bisa dikreasikan sehingga dapat menambah variasi cita rasa dari klepon.

Tidak seperti resep yang telah diposting terdahulu, resep bikin klepon tepung ketan kali ini adalah tanpa kapur sirih dimana air kapur sirih biasa digunakan untuk memberikan tekstur yang lebih kenyal dan padat serta juga tanpa daun pandan suji sebagai pewarna alami sehingga bisa diganti dengan pasta pandan. Dalam usaha memanfaatkan stok yang ada, seperti coklat meses dan keju mozarella sehingga menjadi klepon coklat dan klepon keju sebagai isiannya yang cukup lezat saat dinikmati.

RESEP BAHAN KLEPON:

  • 150 gram tepung ketan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • air secukupnya
  • kelapa parut kukus dengan sedikit garam
  • cokelat meses
  • keju mozarella
  • gula merah
  • pasta pandan/ pewarna hijau atau sesuai selera jika ingin berwarna-warni


CARA MEMBUAT KLEPON:

  1. Campur dan aduk rata tepung ketan dengan gula pasir bersama garam. Campur perwarna dalam air lalu tuangkan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.
  2. Ambil sedikit adonan dengan ukuran menurut selera kemudian pipihkan dan beri isi sesuai selera. Bulatkan adonan dengan rapih lalu lakukan juga terhadap sisa adonan hingga habis.
  3. Didihkan air di dalam panci, setelah air mendidih masukkan adonan-adonan yang sudah dibentuk tadi dan tunggu hingga mengapung pertanda sudah matang. Angkat bulatan klepon tersebut lalu gulingkan ke dalam parutan kelapa kukus secara merata. Sajikan kue klepon selagi panas terutama untuk klepon isi mozarella.



Hmmm lezatnya,gurih aroma ketan berpadu dengan manis legitnya gula merahhh,1 bola2 ga bakal ckup...pasti nambah terusss hihhii

Puasnya kalo bikin sendiri bisa puas banyak2in gulmernya ^^

Klepon ketan isi gulmer no kapur sirih.ini aja dah kenyall buatku,buat yang mau pake kapur sirih monggo yaa

Biasanya beli di deket rumah @1500 dapet 4 bola. sekarang bikin sendiri sampe kekenyangan,ini kalo pasukan dikit bikin separo resep aja yaa:)

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!