Resep Membuat Donat Kentang Empuknya Tahan Sampai 3 Hari Lho Bun !

Mamaku paling suka sama yg namanya donat kentang.. aku, suami, dan anak2 juga suka banget siih.. jadi suka bikin deh.. ini resep guampang banget.. dan tidak pernah gagal.. yang bikin lebih istimewanya lagi donatnya ini tahan sampai 3 hari...selamat mencobaa.. :)

Bahan-bahan:

  • 25 buah
  • 500 gram tepung terigu. sediakan lebih. (me : segitiga biru)
  • 100 gram gula pasir (me : gulaku)
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 11 gram ragi (me : fermipan 1 sachet)
  • 4 butir kuning telur
  • 200 gram kentang kupas, kukus, haluskan (me : rebus)
  • 75 gram mentega
  • 100 ml air es
  • 1 sdt ovalet (bisa skip)

Langkah pembuatan:

Bikin biang ragi. caranya : sedikit air hangat2 kuku (cirinya : gelas/wadah terasa hangat, tp jika air disentuh dg jari, air terasa tidak hangat) + ragi/fermipan + sejumput gula pasir. aduk. diamkan 5 menit. stelah 5 menit, ragi pasti sdg meningkat volumenya

Pada wadah, campur : tepung + gula + susu bubuk + biang + ovalet. aduk hingga rata dan tidak ada gumpalan besar. (hasil akhir berupa seperti tepung tp kasar)

Masukkan kuning telur. aduk lagi hingga rata. hasil masih kering. (me : pake tangan)

Masukkan kentang kukus/rebus pada saat kondisi masih panas ke adonan. untuk memudahkan melembutkan, gunakan ulekan atau sendok kayu. aduk hingga rata lagi.
Masukkan mentega. aduk rata. hasil : adonan sudah mulai lembek/benyek.

Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. uleni terus adonan hingga benar2 kalis. jika perlu tambahkan tepung lagi sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga benar2 kalis. hasil : adonan kalis cirinya tdk lengket di tangan sama sekali. bisa dipulung. elastis.

Jika sudah kalis, bentuk adonan menjadi bulatan besar. diamkan selama 30 menit. wadah ditutup dg serbet agak basah (orang jawa bilang mamel)

Setelah 30 menit, adonan akan mengembang hingga 2x lipat (artinya adonan sukses). hantam/kempiskan dengan tangan.

Ambil adonan secukupnya (sesuai ukuran donat yg diinginkan). bulatkan, lubangi tengahnya dg 2 jari telunjuk atau menggunakan cetakan donat. pipihkan dg telapak tangan. lakukan hingga adonan habis. biarkan 1 jam.

Setelah 1 jam, adonan akan mengembang. ambil pada lubangnya (agar tdk kempis lagi). goreng hingga kuning. pada saat menggoreng, sering2 diaduk dan dibolak balik agar tdk gosong, dan warna cantik.

Setelah matang, tunggu dingin. beri toping sesuai selera.. taraa.. donat kentang ala Mi siap dinikmati.. hhmmm empukk.... (^,^)