Resep Membuat Cake Kukus Keju Lemon , Moist dan Lembut Banget. No Mixer !!

Lemon cheese steamed cake ini merupakan cake kukus biasa hanya saja di resep ini saya tambahkan lemon ekstrak dan keju parut supaya lebih spesial. Steamed cake atau biasa dikenal dengan chinese steamed cake atau Ma Lai Gao (Malai Cake) merupakan cake yang yang biasa disajikan pada perayaan hari besar China. Teknik membuat cake dengan cara kukus merupakan kekhasan cake-cake khas China. Karena proses memasaknya ini dan penggunaan minyak canola atau minyak jagung sebagai pengganti mentega membuat kue ini diklaim lebih sehat dibandingkan dengan versi ovennya.

Umumnya chinese steamed cake menggunakan gula dan mentega dalam jumlah yang terbatas dan tanpa tambahan icing atau glazing. Proses pengukusan membuat cake ini menjadi moist dan lembut.  Karena saya masih memiliki icing mentega di kulkas maka permukaan cake saya tutupi dengan topping  dan taburan keju parut. Ya, ya, ya, saya tahu, cake kukus saya tentu saja tidak bisa diklaim sebagai chinese steamed cake yang sehat. Jika anda tidak suka dengan penambahan topping, sajikan cake secara plain saja atau anda bisa menambahkan irisan buah segar diatasnya. Yummy!

Yuk kita buat. 

Bahan-bahan utama:

  • 250 gram tepung terigu serba guna 
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok teh baking powder, double acting
  • 200 gram gula halus
  • 5 butir telur ayam
  • 60 gram minyak canola atau minyak jagung atau gantikan dengan mentega yang dicairkan
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon 


Bahan Topping:

  • 50 gram mentega
  • 50 gram gula halus
  • 1 sendok teh lemon ekstrak
  • keju cheddar parut untuk taburan


Langkah Pembuatan :

Siapkan loyang, saya menggunakan loyang bulat dengan diameter 23 cm. Olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga menutup ke seluruh permukaan loyang.

Ayak tepung terigu, baking powder dan susu bubuk hingga rata, sisihkan. 
Dalam mangkuk mixer, kocok gula dan telur hingga mengembang, kental dan putih. Kocok dengan speed rendah hingga bahan tercampur kemudian rubah dengan speed tinggi. Adonan mengembang ditandai dengan jika kita angkat adonan dengan spatula maka adonan jatuh dengan tetesan yang lambat (ribbon stage) atau jika kita buat angka 8 di permukaan adonan, angka 8 tersebut baru menghilang setelah 3 detik. Matikan mixer. 

Secara bertahap masukkan tepung, dan minyak bergantian, aduk perlahan dengan spatula, masukkan parutan kulit jeruk lemon dan keju parut. Aduk rata. Tidak perlu terlalu lama mengaduk, cake akan menjadi bantat. 

Tuangkan adonan ke dalam loyang, kukus dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup permukaan mulut dandang dengan kain bersih agar uap air tidak menetes ke kue. Kukus selama 45 menit hingga cake matang. Angkat dan dinginkan.

Untuk topping:
Kocok mentega, gula halus dan lemon ekstrak hingga mentega berubah menjadi putih warnanya dan adonan menjadi kental. Matikan mixer.

Pastikan kue telah benar-benar dingin saat mengoleskan topping. Oleskan pada seluruh permukaan kue kemudian taburi dengan keju parut.
Cake siap disajikan menemani segelas teh hangat. Enjoy!


Sources:

Cooks.com, Chinese Sponge Cake
Classical True Acupuncture & Chinese Herbal Mmedicine, Ma Lai Gao - Chinese Steamed Cake
Cook Bake Legacy, Steam Sponge Cake 

Foto From : justtryandtaste.com