Resep Cara Membuat Mie Bayam Homemade ala Lies Surya. Lezat dan Menyehatkan!

Mie, terutama mie instant selama ini identik sebagai makanan yang tidak sehat dan bahkan masuk dalam kategori junk food. Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi mie instant paling sering 3 hari sekali saja. Tapi mie yang akan kita bahas kali ini justru sebaliknya. Mie bayam ala Lies Surya yang akan kita buat kali ini justru baik untuk dikonsumsi kapan saja tanpa harus di beri jeda waktu beberapa hari.

Mie bayam ini tidak mengandung pengawet sama sekali. Kandungan bayamnya juga jelas baik untuk kesehatan. Cocok sekali untuk anak-anak, terutama mereka yang agak susah makan sayur.

Resep Mie Bayam menghasilkan bentuk, warna dan aroma berbeda. Jika mie pada umumnya berwarna kuning atau putih, maka efek dari pemakaian bayam adalah warna hijau. Mie ini bisa disajikan dalam beragam jenis masakan, mulai dari kuah, goreng hingga panggang. Tertarik untuk membuatnya? Siapkan bahan dan ikuti langkah berikut:


Bahan-bahan:
  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 25 gram bayam dan 1 sendok makan air, diblender
  • 20 gram maizena
  • 1 butir telur bebek
  • 1/2 sendok teh garam
  • Tepung sagu, sedikit saja untuk taburan

Cara Pembuatan Mie Bayam:
  1. Persiapkan air Sari bayam yang sudah Diblender dan disaring/diperas.
  2. Campurkan terigu, maizena, telor, dan bayam. Aduk rata. Penggunaan air bayam sesuaikan dengan kelembaban tepung. Masukkan sedikit demi sedikit jangan langsung banyak sekaligus. Jika dirasa sudah cukup, hentikan penggunaan air bayam.
  3. Adonan siap diolah. Tidak perlu diuleni sampai elastis. Cukup sampai kalis saja (tidak lengket). Sekarang siapkan alat mie dan serbet/kain untuk meletakkan mie.
  4. Pertama, bagi adonan menjadi tiga atau empat bagian. Ini untuk pemula ya, kalau sudah expert cukup dibagi 2 saja. Ambil satu bagian, masukkan ke alat penggiling mie pada posisi nomor 1 (penggiling mie biasanya sampai nomor 8). Makin besar nomor makin rapat (makin tipis) adonan yang dihasilkan. Nah ini hasil adonan pertama mie digiling. Taburi permukaan mie dengan sedikit sagu. Biasanya di alat mienya juga saya taburkan sedikit sagu.
  5. Lipat adonan seperti di gambar dan masukkan lagi ke penggiling. Lakukan terus menggiling di nomor 1 sampai 10 kali.
  6. Setelah selesai nomor 1, pindahkan ke nomor 2. Giling sebanyak 5 kali. Pindahkan ke nomor 3, giling lagi sebanyak 5 kali. Terus di ulang sampai nomor 6. Adonan akan semakin halus, panjang, dan tipis.
  7. Setelah selesai digilas, letakkan adonan diatas serbet/kain bersih. Boleh taburi sedikit tepung di serbet.
  8. Ambil lagi adonan mie yang masih berupa gumpalan. Lakukan penggilingan lagi. Jangan lupa kembalikan alat mulai dari knomor 1 lagi.
  9. Setelah semua adonan diproses, sekarang letakkan alat pemotong mie. ambil 1 adonan panjang, kemudian proses dengan alat pemotong. Ada 2 pilihan mau yang ceper lebar atau yang seperti lidi.


Dalam daftar bahan terdapat garam, sebaiknya jangan digunakan pada saat proses pembuatan dengan alat mesin mie. Lebih baik tuang garam dalam air rebusan mie, bukan adonan. Sementara itu penggunaan telur bebek boleh digantikan telur ayam berukuran besar. Usai adonan mie selesai, maka siap olah untuk jenis masakan kesukaan. Jangan lupa peralatan mie langsung dibersihkan setiap selesai membuat.

Resep Mie Bayam bisa tahan selama 2 minggu jika tersimpan dalam freezer suhu dingin, tetapi jangan biarkan sampai terlalu beku. Lebih baik simpan mie dalam kondisi gulung per porsi agar gampang mengambil sesuai kebutuhan memasak. Sebelum dipakai keesokan harinya, keluarkan mie dari freezer pada malam hari dan taruh saja di kulkas bawah. Mudah kan?

Selamat mencoba yaa...

Bagikan resep ini ke teman bunda yang lain. Semoga bermanfaat! :)

Resep: Lies Surya