Bolu Kukus Gula Merah Anti Gagal Lembut & Pasti Mekar Merekah Ala Tintin Rayner




KARTU KREDIT, KARTU KREDIT CIMB, KARTU KREDIT MEGA, TIRTO.ID, asuransi mobil murah, harga mobil terbaru, kecantikan wanita, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS,
Kalo boleh jujur sebenarnya aku belum pernah makan bolu kukus gula merah sama sekali, apalagi bikin bund, baru kali ini aku bikin dan sudah di rencanain dari jauh-jauh hari, karena banyak resep yang melintas aku jadinya baking yang lain hehehe...

Kemaren aku tidak sengaja lihat di timeline ada postingan Bunda Hanny yang bikin super bikin ngiler ialah 'Bolu Kukus Gula Merah Mekar'  dan setelah melihat itu aku pikir ini mungkin saatnya untuk  mengakhiri rasa galau ku terhadap bolu kukus gula merah.

Pagi-pagi sekali aku bangun dari tidur langsung pergi menuju dapur sampai-sampai mataku belum jelas, nyiapin semua bahan-bahannya dan langsung eksekusi sambil ada rasa deg-degan, karena ini pertama kalinya aku bikin bolu kukus gula merah, takunya aku salah mengikuti step by stepnya, sampai galau aku di buatnya,tapi setelah matang aku senengg banget hasil semua kukusannya mekarr 100% tidak ada bolu yang mingkem.

Alhamdullilah hasil percobaan bikin bolu kukus pertamaku cukup puas, insaallah di lain kesempatan aku mau coba resep bolu kukus yang lainnya, mau aku bandingkan tekstur lembutnya dan wangi harumnya yang khas. resep bolu kukus gula merah anti gagal ini aku dapatkan dari bunda Hanny yang di modifikasi oleh bunda Tintin Rayner.

Bahan-bahan:

  • Gula Merah sisir halus 200 gram
  • Air 200 ml
  • Daun pandan 3 helai
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Vanilla bubuk 1/4 sendok teh
  • Kuning Telor 2 butir
  • Soda Kue 1/2 sendok teh
  • Gula Pasir 50 gram
  • Baking Powder 1/4 sendok teh
  • Tepung segitiga/kunci 250 gram
  • Minyak Goreng 100 ml


Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah:

Didihkan 200 ml air, dengan 200 gram gula merah, 3 helai daun pandan, 1/4 sendok teh garam, 1/4 sendok teh vanilli bubuk sampai larut, lalu saring dan sisihkan pada suhu ruang.

Kocok 2 butir kuning telor dengan 50 gram gula pasir, 1/4 sendok teh Baking Powder, 1/2 sendok teh Soda kue menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai mengembang dan warnanya pucat.

Masukkan secara berurutan : Pertama masukkan air gula merah dalam wadah kocokan telur tadi, lalu masukkan tepung terigu yang sudah di ayak, aduk asal rata saja bund yah menggunakan mixer speed paling rendah,dan matikan mixer kemudian terakhir masukkan 100 ml minyak, aduk rata pakai spatula.

Tuangkan adonan ke dalam cup bolu kukus bund ya sampai penuh lalu kukus selama 20 menit di atas api besar, di sarankan tutup dandang di lapisi dengan kain serbet agar tidak ada air yang menetes, kalo aku tadi pakai karena malas dan akhirnya baru saja 5 menit berlalu sudah mekar, joged-joged gitu di depan kompor heheh....

Taraaa.. Alhamdullilah hasilnya semuanya mekar pake bingiiiit, senangnya hati ini, bener-benar resep yang satu ini anti gagal,sekali bikin langsung sukses, selain itu tekstur Lembuttnya khas bolu kukus banget, ada harum gula merah di tambah dari daun pandannya amboiii banget deh!
Setelah matang segera masukkan ke dalam plastik satu per satu supaya awet kelembabnya dan keempukannya, atau masukkan ke dalam toples yang kedap udara bund yaa

Catatan Penting :
# Panaskan dandang hingga full uap sebelum adonan di masukkan bund ya.# Jangan sekali-kali buka tutup dandang sebelum bolkus mateng, Big NO (di larang keras!), kalo bunda bandel nanti bolkusnya bisa mingkem tidak mau senyum.# Aduk Minyak goreng menggunakan spatula sampai benar-benar rata dan tidak ada lagi minyak yang ngendap di bawah adonan.# tutup dandang/kukusan wajib di alasi dengan kain serbet supaya tidak ada air yang menetes ke bolkus# Air kukusan jangan terlalu tinggi supaya airnya tidak nyiprat-nyiprat ke pantat bolkus yang dapat menyebabkan basah dan jadinya bolu akan bantet bagian bawahnya.# Untuk warna gula merah yang di gunakan akan mempengaruhi pada warna akhirSelamat mencoba dan semoga berhasil bund ya.

Resep & Foto by Tintin Rayner

Subscribe to receive free email updates: