Resep Mudah Membuat Kue Putu Bambu , Rasa Pandan dan Original Khas Medan !!

Hallo sobat pecinta kue tradisional, mungkin anda sudah tahu dong apa yang akan admin bagikan ini dari judul saja anda pasti sudah tahu. Kue putu, ada yang sudah pernah merasakan kue putu namun yang akan admin bagikan adalah kue putu bambu bukan kue putu ayu ataupun kue putu beras. Untuk resep kue tersebut akan admin bagikan dipertemuan selanjutnya ya, sekarang kita fokus saja di resep kue putu bambu khas medan ini.


Cara membuat kue putu ini sudah sangat terkenal dengan cetakan dari bambu yang sangat spesial untuk penggunaannya. Salah satu ragam kudapan manis basah tradisional yang sangat populer pada nusantara itulah dia kue putu bambu. Jika di Medan populer dengan ciri rona putihnya, lain halnya jika di pulau Jawa dengan spesial tampilan rona hijau yang diperoleh berasal dari air daun suji. Daun suji merupakan pewarna hijau alami yang beraroma wangi, akan tetapi dalam cara lainnya dapat memakai pewarna hijau khusus makanan.

Mungkin anda sering melihat jajanan ini dijajakan oleh para pedagang, tetapi di daerah admin putu bambu dijajakan menggunakan gerobak keliling. Sering nih admin membelinya seharga Rp. 1000,- (Seribu Rupiah) per kuenya. Tapi sekarang saya sudah nggak beli lagi jadi serasa kangen dengan rasa enak dari kue ini. Jadi hari inilah untuk mengobati rasa kangen tersebut admin akan membagikan resep putu bambu khas medan yang paling enak, mungkin kalian sudah penasaran dengan cara membuat kue putu bambu medan yang satu ini. Tapi ingat sobat, jika ingin melakukan pencetakan kita tidak menggunakan bambu. Penasaran, mari kita bersama-sama mencobanya di dapur kesayangan masing-masing. Namun kali ini kita tidak akan menggunakan cetakan bambu tapi bisa dengan menggunakan cetakan mangkuk atau cetakan lainnya.

Bahan-bahan Untuk 10 porsi

500 gr tepung beras
50 ml air
1 sdm garam halus
4 pc gula merah uk kecil
kelapa parut (jika mau)
sejumput vanili
1/2 sdm gula pasir

Langkah -+ Memakan waktu 40 menit

Campurkan air dan garam gula lalu panaskan. tambahkan vanili setelah agak dingin..
Tuang air panas keatas tepung. tuang perlahan dan aduk aduk..
Pastikan tepung yg sdh d tmbh kan air menggupal kecil2.
Ayak dan haluskan tepung dengan saringan.
Haluskan gula merah dengan parutan keju.
Taruh tepung di cetakan lalu tambahkan gula dan tutup kembali dengan tepung. lalu kukus sekitar 30 menit.

Kue putu siap di hidangkan..


Selamat mencoba ya bunda, semoga berhasil....


Resep oleh : 

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!