Resep Martabak Manis Ketan Hitam (Martabak Black Sweet). Liatnya Aja Udah Bikin Ngecesh... 🍫 😁 😋

Jika sebelumnya saya sudah berbagi mengenai Martabak Manis Terang Bulan Praktis, Cukup Pake Teflon!. Pada kesempatan kali ini saya kembali akan membahas mengenai olahan martabak manis lainnya yaitu martabak manis ketan hitam. Ngomong-ngomong bunda di rumah sudah pernah mendengar atau makan martabak hitam ini belum ya?

Untuk sebagian penduduk kota Jakarta dan Bandung mungkin sudah bosan mendengar adanya martabak manis ketan hitam ini. Soalnya sudah banyak dijual di pedagang kaki lima yang menjual olahan martabak. Mulai dari martabak manis terang bulan, martabak asin alias martabak telor, martabak bangka special dan Martabak Manis Mini.

Martabak manis ketan hitam atau yang dikenal dengan martabak hitam, martabak black dan martabak black sweet ini merupakan salah satu kreasi dari resep martabak manis yang ada di Indonesia. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan martabak hampir sama dengan olahan martabak manis sederhana. Hanya saja penggunaan tepung terigu diganti dengan tepung ketan hitam. Penggunaan ketan hitam diadonan membuat tampilan martabak menjadi berbeda.

Walaupun sebelumnya sudah ada kreasi dari martabak manis pandan dengan warna hijau pandan yang cantik. Dan martabak manis pink yang terbuat dari essens strawberry. Namum martabak manis ketan hitam ini menjadi perhatian banyak orang karena tampilannya yang hitam manis nan menggoda. Untuk rasanya juga jadi lebih enak dan legit karena ada tepung beras hitam, jadi serasa menikmati martabak dengan isian ketan hitam yang empuk.

Seperti martabak manis Jepang dan olahan martabak manis pada umumnya, isian atau topping dari martabak manis ketan hitam ini juga dapat di isi sesuai dengan selera. Mulai dari kismis, keju, ceres / meises cokelat / meises warna-warni, wijen, kacang tanah sangrai, kacang almond, aneka selai seperti selai stroberry, nanas, kacang, selai cokelat, choco chip, pisang, nangka atau pun parutan cokelat batang yang lumer di mulut ketika dimakan.

Wah, tak bisa dibayangkan deh perpaduan unik dari olahan martabak hitam yang satu ini. Tampilannya yang unik benar-benar menarik perhatian orang untuk mencicipi kelezatannya. Oke deh, dari pada harus jauh-jauh pergi ke Jakarta atau Bandung untuk mencicipi black martabak, mending buat sendiri langsung dari dapur tercinta di rumah.

Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Martabak Manis Ketan Hitam empuk dan bersarang yang wajib untuk dicoba. Mari disimak 🙂

BAHAN-BAHAN MARTABAK :

Tepung ketan hitam 5 sendok makan
Tepung terigu cakra 5 sendok makan
Susu bubuk 1 sendok makan
Gula pasir 2 sendok makan
Telur 1 butir
Susu kental manis 1 sendok makan
Baking powder 1/2 sendok teh
Garam sejumput
Air hangat 200 mili liter
Baking soda 1/2 sendok teh
Gula untuk taburan secukupnya

BAHAN TOPPING / ISIAN :

Mentega secukupnya
Keju parut / kraft secukupnya
Susu kental manis putih / cokelat sesuai selera
Ceres / meises cokelat
Selai kacang
Atau sesuai selera

LANGKAH MEMBUAT MARTABAK HITAM :

Campur tepung terigu, tepung ketan hitam, gula, susu bubuk, garam, baking powder dan susu kental manis, aduk rata. Kemudian tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk, lalu tambahkan telur, aduk rata sampai adonan tidak bergerindil. Diamkan sekitar 1 jam didalam wadah yang ditutup plastik wrap.
Setelah satu jam masukkan baking soda ke adonan, aduk rata.

Selanjutnya panaskan teflon atau cetakan khusus martabak lalu tuang adonan sampai keluar pori-porinya atau bersarang. Taburi gula pasir, tutup teflonnya, lalu masak dengan menggunakan api kecil sekitar 2 menit atau sampai matang.
Angkat, lalu oles dengan mentega, taburi keju parut, meises, susu kental manis dan bahan topping sesuai selera.

Potong jadi 2 bagian, tumpuk lalu siap untuk dipotong-potong.
Sajikan hangat bersama minuman hangat seperti teh dan kopi. Mantapppppppppp!

Tak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat resep martabak manis ketan hitam ini. Super praktis deh!. Cuma ya harus sabar ketika mendiamkan adonan agar mengembang. Martabak hitam ini cocok dijadikan camilan atau menu sarapan di pagi hari untuk pengganti pancake, nasi goreng atau roti tawar. Anak-anak pasti suka deh, soalnya menul-menul gitu Empuk dan bersarang, untuk menu bekal sekolah juga oke.

Selamat berkreasi dengan Martabak Manis Ketan Hitam (Martabak Black Sweet) Bandung. Semoga bermanfaat ya bun, silahkan di share. Makasih bunda !!

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!