Friday, November 18, 2016

Resep Cara Membuat Es Cendol di Ruma. Praktis, Lebih Segar dan Menyehatkan !

Es cendol merupakan jajanan pasar yang gampang dijumpai pada hampir semua daerah se-Indonesia, tetapi di daerah Jawa Tengah justru lebih dikenal dengan nama es dawet. Penyajian minuman manis gurih ini berupa cendol hijau dari tepung beras beserta es batu parut, gula merah cair dan santan. Bentuk cendol terbagi dua sesuai ciri khas daerah tertentu yakni buliran dan bulat lonjong berujung lancip yang melekat pada versi Sunda.

Walaupun rasa dan tampilan sering menggoda selera, beberapa orang justru enggan jajan es cendol sembarangan terkait masalah kebersihan serta pemakaian bahan baku. Sejumlah oknum penjual nakal ketahuan seringkali memakai bahan campuran kimia untuk mempercantik warna dan meningkatkan kekenyalan cendol. Akibat tindakan tak terpuji yang mengancam kesehatan, banyak orang mulai ragu dan takut untuk membeli. Pada akhirnya mereka memilih buat sendiri demi mengobati rindu pada kelezatan es cendol.

Resep Bikin Es Cendol Segar ternyata mudah sekali dibuat, apalagi semua bahan utama tersedia di pasar tradisional atau modern dengan harga terjangkau. Minuman ini layak dibuat selama musim kemarau dan bulan ramadhan. Banyak orang memilih es cendol sebagai hidangan segar pembuka puasa karena mengandung tepung beras dan gula merah untuk menyuntik energi baru usai nahan lapar dan haus seharian penuh.
Tertarik membuat es cendol di rumah? Siapkan bahan dan ikuti langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 200 ml santan kental yang sudah dimasak matang
  • 200 ml air
  • 150 gram gula merah yang diiris tipis
  • 100 ml air suji
  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram daging nangka matang, potong dadu ukuran 1 cm
  • 100 ml air
  • 50 gram tepung sagu
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • Es batu



Cara Membuat:
Campur tepung beras, tepung sagu, air suji beserta 200 ml air. Masak di atas api sedang sambil aduk merata hingga agak kental atau menyerupai bubur.

Isi baskom dengan air dingin lalu saring adonan tepung beras memakai saringan khusus untuk membentuk cendol. Biarkan adonan jatuh ke baskom hingga bentuknya memadat.

Rebus santan, garam dan pandai. Angkat ketika mendidih 
Rebus gula merah dengan 100 ml air hingga larut lalu mengental. Angkat kalau sudah mendidih.


Resep es cendol di atas hanya memakan waktu pembuatan kurang dari sejam dan cukup untuk lima porsi. Hindari pemakaian pewarna hijau kimiawi yang justru merusak cita rasa asli dari cendol. Pewarna alami seperti daun pandan ataupun daun suji justru lebih disarankan.

Bagaimana cara menyajikan Resep Bikin Es Cendol Segar? Agar lebih menarik dan menggoda selera, semua bahan ditaruh bergantian ke gelas atau mangkok transparan ukuran sedang. Taruh cendol terlebih dahulu, lalu diikuti pemberian secukupnya berupa santan, gula merah dan parutan es batu sebagai topping. Jangan tambahkan apapun di atas es batu, entah itu susu kental manis ataupun sirup.

via rahasia.id