Homemade Es Cendol Spesial Yang Segarnya Sampai Ke Penjuru Dunia ...

Siapa sih yang tidak mengenal cendol? Cendol adalah minuman yang paling populer di Indonesia juga di negara tetangga lainnya seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Minuman yang menyegarkan ini populer karena rasanya yang sangat menyegarkan dan nikmat hingga cendol dinobatkan sebagai salah satu minuman terenak didunia lho.. Wah pasti ga nyangka banget ya minuman asal Indonesia ternyata juga sangat digemari oleh orang-orang didunia.

Cendol yang terbuat dari bahan dasar tepung beras serta dihidangkan dengan perpaduan gula merah cair dan santan memang membuat kolaborasi rasa yang legit sekaligus menyegarkan. Pengolahan cendol yang terdiri dari tepung beras ini mulanya diolah dengan diberi pewarna hijau lalu dicetak melalui saringan atau alat khusus sehingga membentuk butiran sebagai bahan utama isi dari minuman cendol. Agar cendol dapat menyehatkan saya menganjurkan jika bunda ingin membuatnya, warna hijau yang dihasilkan sebaiknya menggunakan daun suji atau daun pandan sebagai pewarna alaminya ya bun.

Selain menyegarkan,tahukah bunda ternyata berbagai macam manfaat baik untuk kesehatan kita lho, Beberapa manfaatnya juga berguna untuk pencernaan, diantaranya dapat melancarkan peredaran darah, melancarkan sistem pencernaan sehingga buang air menjadi lebih lancar dan juga daun suji dapat menjadi antioksidan penangkal radikal bebas. Nah, dengan bahan-bahan pembuatan cendol dengan menggunakan bahan alami seperti daun suji, kita tidak perlu khawatir lagi dengan efek samping, asal jangan minumnya berlebihan aja ya bun? hehe.

Melalui setiap tulisan-tulisan di website Hobi Kuliner ini saya akan selalu membagikan resep-resep makanan, kue, dan minuman khusus buat bunda yang ingin belajar memasak agar lebih disayang keluarga. Sebelum membuat es cendol untuk konsumsi keluarga, persiapkanlah bahan-bahan nya terlebih dahulu.

Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat isi cendol:

  • 1 sdm kapur sirih
  • 1 sdm tepung kanji/tapioka
  • 700 ml Air masak
  • 150 g tepung beras
  • 1 daun/kebat daun suji


Setelah mempersiapkan semua bahan-bahan diatas, barulah kita bisa lanjut untuk cara membuat cendol beserta prosesnya. Untuk membuatnya agar menyehatkan cucilah dahulu daun suji sebelum digunakan agar hasilnya menjadi lebih higienis.

Jika daun suji sudah dibersihkan berikut langkah-langkah pembuatan isi cendol.
  1. Setelah daun suji dicuci lalu potong ujungnya kemudian diblender dan disaring kemudian ambil airnya. Lalu letakkan dalam wadah.
  2. Tambahkan air 200ml kemudian masukkan 150 tepung beras, 1 sendok makan tepung kanji/tapioka , 1 sdm air kapur sirih.
  3. Nyalakan api sedang kemudian aduk hinggal kental dan bening.
  4. Siapkan wadah dan masukkan air masak 200ml tadi dan usahakan gunakan cetakan cendol agar hasilnya lebih bagus
  5. Cetak adonan yang telah disiapkan tadi menggunakan cetakan.
  6. Untuk langkah pembuatan isi cendol lebih jelas, saya melampirkan step-step dasar yang merangkum semua proses diatas dengan gambarnya.

Diatas sudah dijelaskan mengenai cara cendol isi cendol, adapun dibawah ini hobi kuliner ada resep untuk membuat kuah es cendol yang paling nikmat dan lezat. Inilah bagian yang paling esensial dalam hidangan cendol, karena kuah santan dan gula merah menambah cita rasa cendol yang membuat kelezatannya menjadi 50 minuman terenak didunia.

Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat kuah gula merah es cendol :

  • 500 g gula merah
  • 500 mili air matang
  • 2 helai/lembar daun pandan


Langkah-langkah pembuatan kuah gula merah sangat gampang dan tidak repot. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama setelah bahan disiapkan campur semua bahan diatas kemudian rebuslah sampai gula larut didalam air lalu didihkan
Kemudian angkat lalu dinginkan

Kemudian persiapkan juga bahan-bahan untuk membuat kuah santan cendolnya. Berikut bahan-bahannya :

  • garam seperlunya
  • 2 helai/lembar daun pandan
  • kurang lebih 1000 mililiter santan


Cara membuat kuah santan nya cukup dengan mencampurkan semua bahan yang telah disiapkan tadi kemudian rebuslah dengan api sedang, Lalu angkat kemudian sisihkan. Untuk penyajiannya dengan menyiapkan cangkir ataupun gelas lalu tambahkan cendol yang telah dibuat tadi lalu campur dengan kuah santan dan gula merah cendol. Untuk menambah kenikmatan boleh ditambahkan dengan es batu.

Setelah semuanya selesai dan matang, cendol siap disajikan dan disantap oleh keluarga maupun kolega untuk bersantai. Minuman ini sangat cocok sekali dinikmati pada saat panas terik untuk menghilangkan dahaga

sumber : kupasresep.com

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!