Resep Cara Membuat Pepes Ikan Tuna Mangga Muda, Hemm Seger Segernya Bikin Kamu Ketagihan!!

Salah satu resep masakan nusantara yang paling banyak aneka ragamnya ialah resep masakan ikan. Indonesia yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan banyak sekali membuat ikan menjadi bahan dasar masakan mereka.

Buat kamu yang bingung membuat menu masakan hari ini dan ada ikan dikulkas, yuk dicoba aja pepes ikan yang satu ini. Well, kali ini kita mau berbagi resep pepes ikan yang unik.

Unik karena sebenarnya ini resep pepes Sunda khas masakan Bunda di rumah tapi dimodifikasi dengan penambahan irisan mangga muda.Rasanya mantaaaps uy, cocok banget buat para bumil yang lagi suka makan asem-asam yang seger.

Pas dipanggang nih, kombinasi aroma daun pisang, daun jeruk, daun salam dan kemangi dengan daging ikannya bikin lahap makan pokoknya. 

Hmmm... Harumnya ikan tongkol yang dibuat pepes ini. Selain rasa daging ikannya yang gurih rasa dan aroma sajian ini sungguh sangat menggugah selera. Daun pisang yang menjadi bungkus juga menambah aroma wangi. Sajikan sebagai menu hari ini. 

Dijamin bakalan sampe nambah makan siangnya dua kali hihi. Ok deh langsung ke TKP,  berikut adalah resep persembahan Pepes Tuna Mangga Muda:



Bahan-bahan utama:

  • 2 ekor Tuna
  • 2-3 lbr Daun Pisang
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula
  • 7-8 siung Bawang Merah
  • 2-3 siung Bawang Putih
  • Sedikit Terasi
  • 1 bh Tomat
  • 6-7 buah Cabe Besar
  • Cabe Kecil (Kalo Suka Pedas)
  • 2-3 butir Kemiri
  • 1 butir Telur
  • 1/2 bh Mangga Muda (Diserut)

Langkah
  1. Cuci bersih tuna dan potong sesuai serela (saya lbh suka sekalian dicabut durinya)
  2. Haluskan semua bumbu, lalu tambahkan telur
  3. Campur rata bumbu yg sdh dihaluskan + mangga muda + potongan ikan
  4. Bungkus ikan dgn daun pisang yg sdh dibersihkan
  5. Kukus ikan yg sdh terbungkus daun pisang krg lbh 20 menit
  6. Bakar pepes stlh dikukus, sampai daun berwarna kecoklatan
Cukup Mudah Sekali kan bunda, gak pelu waktu lama dan praktis dan dijamin anti gagal. Selamat mencoba semoga berhasil!