Resep Membuat Kue Ape Pandan Sederhana Khas Betawi, Manis Garing dan Renyah. Gak Punya Cetakan Pake Teflon Pun Jadi 😁👏

Para pecinta kuliner, khususnya pecinta kue tentu sudah tidak asing dengan sajian kue bulat berwarna hijau dengan bagian pinggir yang garing dan renyah yang sering di jajakan di gerobak pinggir jalan ini. Ya, apalagi kalo bukan kue Ape, kue dengan bentuk yang unik dengan bagian pinggir yang garing dan renyah sementara bagian tengah yang tebal dan lembut ini merupakan jajanan pasar tradisional yang hingga saat ini masih banyak kita jumpai. Hidangan kue ape memang memiliki ruang khusus di hati para penggemarnya.

Biasanya kue ape ini banyak dijual di sekolah-sekolah dasar atau SMP, namun tahukah anda ternyata para penggemar kue ape tidak hanya datang dari kalangan anak-anak saja, remaja, orang dewasa dan bahkan orangtuapun menyenangi rasa yang lezat dari kue ape.

Kue ape dimasak menggunakan kuali mini yang membuat bagian tengahnya terlihat lebih tebal, sementara bagian pinggirnya garing dan renyah. Rasa manis yang begitu legit, serta harga kue yang begitu terjangkau, membuat kue ape menyandang gelar sebagai jajanan nikmat yang murah dan meriah. Nah, selain membeli di pinggir jalan, hidangan kue ape ini bisa pula anda buat dirumah. Bagi anda yang memiliki waktu senggang dan ingin membuat kue ape dirumah, tentu bisa sebab resep kali ini akan memandu anda bagaimana membuat hidangan kue ape pandan yang garing dan lembut. Bahkan pembuatannya sangat mudah, bila anda tidak mempunyai cetakan seperti abang-abang dipinggir jalan, anda dapat menggunakan teflon masak sebagai cetakannya, peasaran yuk simak caranya berikut ini..:

Bahan-bahan:

6 sdm Tepung beras
1 sdm Tepung terigu
1/2 sdt Baking powder
4 sdm Gula pasir
1/4 sdt Garam halus
4 sdm Mentega
1 butir Telur (dikocok)
2 sdm Santan dalam kemasan
150 ml Susu putih cair dalam kemasan
1/4 sdt Pasta pandan

Langkah-langkah

Siapkan mangkok kosong, masukkan tepung beras, tepung terigu, gula, garam, baking powder, aduk-aduk sampai tercampur rata.
Panaskan mentega, kemudian siapkan mangkok kosong lainnya, masukkan kocokan telur, mentega cair, susu cair, santan, aduk-aduk sampai tercampur rata.
Campur isi kedua mangkuk tsb, masukkan pasta pandan, aduk-aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata.

Siapkan mini wok pan, masukkan adonan dengan takaran 1 sendok sayur, masak dengan api kecil sekali selama 5 menit.
Selesai.. Siap dihidangkan.

Jika ingin variasi lain.. bisa dicoba menggunakan pasta cocopandan.


Selamat mencoba ya buntik bunda cantik... semoga berhasil !!

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!