Resep Membuat Brownies Kukus Pandan Keju. Moist, Lembut dan Empuk Ala Ny.Liem !

Browkus alias brownies kukus lagiiiiiit! Kue brownies yang satu ini memang tidak ada matinya bund ya, heheee... Mungkin karena memiliki rasa yang sangat enak dan cara membuatnya pun cukup praktis, tidak perlu menggunakan oven.

Pokonya selain itu Resep Brownies kukus pandan dari bunda Ricke Indriani ini uenaaaakkkkk pake banget dehh! Teksturnya sangat lembut dan empuk, serta aroma pandan yang menggoda berpadu dengan gurihnya dari parutan keju, wuuiiihhhhhh, mancapppp dech!

Untuk resepnya masih pakai resep browkus ala Ny.Liem, Hanya saja penggunaan DCC di ganti dengan WCC atau cokelat putih dengan takarannya sama, dan selain itu coklat bubuknya juga diganti dengan susu bubuk dan di beri pasta pandan sebanyak 1 sendok teh. Alhamdullilah hasilnya enak dan lembut banget...!, sampai-sampai di keesokan harinya cake masih tetap lembut dan enak

Bahan - Bahan yang dibutuhkan:

  • Gula pasir 200 gram
  • Minyak goreng 175 ml
  • White cooking chocolate, lelehkan 100 gram
  • Tepung terigu protein sedang atau tepung terigu serba guna 125 gram
  • Susu bubuk 50 gram
  • Telur  6 butir
  • Emulsifier (SP/TBM/Ovalet) 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk secukupnya (untuk mengurangi bau amis dari telur)
  • Garam secukupnya/sedikit saja
  • Pasta pandan secukupnya


Bahan Topping:
  • Cream cheese secukupnya
  • Keju secukupnya



Cara Pembuatan:

  1. Campurkan dan ayak 125 gram tepung terigu dan 50 gram susu bubuk. Sisihkan.
  2. Campurkan 100 gram white cooking chocolate leleh dengan 175 ml minyak goreng, aduk rata lalu masukkan pasta pandan secukupnya, aduk rata dan sisihkan.
  3. Kocok 6 butir telur, dengan 200 gram gula pasir, 1/2 sendok teh emulsifier, garam dan Vanilli bubuk secukupnya sampai mengembang dan kental.
  4. Kemudian masukkan campuran tepung terigu dengan susu bubuk tadi sedikit-sedikit sambil terus di aduk rata (bisa memakai mixer dengan kecepatan rendah). yang terpenting seluruh tepung sudah tercampur rata.
  5. Masukkan campuran white cooking chocolate leleh dengan minyak goreng dan pasta pandan tadi sedikit-sedikit, sambil di aduk rata menggunakan spatula. Aduk balik sampai adonan homogen.
  6. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah di olesi margarin dan di alasi kertas roti.
  7. Panaskan dandang, lalu kukus adonan selama 45 menit atau sampai matang dan untuk mengetahui kematangan dari kue brownies ini, bisa bunda test tusuk menggunakan lidi atau tusuk sate tepat dibagian tengahnya.
  8. Kalau setelah di tusuk tidak ada adonan yang nempel, berarti kue sudah matang, dan sudah bisa bunda keluarkan dari dalam kukusan dan dinginkan, kemudian keluarkan dari dalam loyang.
  9. Olesi kue dibagian atasnya dengan cream chesse lalu taburi dengan parutan keju.


Selesaii deh! Waduuuuh kalau aku makan kue brownies yang satu ini memang bahaya bund, soalnya susah berhenti nya, tau-tau sudah habisi 5 potong saja, hehehehehe.

Selamat mencoba buntik-buntik and jangan lupa simpan di dalam wadah yang tertutup, supaya cake dan kejunya tidak cepat kering.

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!