Resep Cara Membuat Martabak Mesir Mini. Praktis, Enak Renyah dan Gurih Asoyyy..!

Martabak mesir ini kesukaan orang-orang di rumah, kecuali bapak, karena kolesterol si mbah kakung yang tidak memungkinkan untuk merasa si martabak mesir ini. Kebetulan lagi ada stock daging di kulkas. jadi kemaren aku buat 1 resep saja.

Aku sudah beberapa kali membuat martabak ini sebelumnya (di postingan ini). awalnya aku belajar dulu cara buat kulitnya, roti canai namanya. atau roti prata, kemudian setelah aku bisa , baru deh belajar bikin martabak  mesirnya, dan alhamdullilah walaupun sedikit agak ribet ketika menuang campuran telor dan daging, tapi sukses juga akhirnya.

Hanya saja , kalau abang-abang yang jual martabak mesir di luar sana, memasukkan adonan telur daging langsung di atas pan lebar khusus itu dan di atas api, kalau aku, karena tidak mempunyai pan seperti itu, punyanya hanya teflon biasa, ya sesudah aku buat kulitnya aku tuang adoanan telur langsung aku lipat, baru aku pindahkan ke teflon .hati-hati sekali. karena kulitnya mudah bocor.

Bahan-bahan untuk 10 porsi

Bahan kulit :
250 gram tepung terigu
150 ml air
2 sdm tepung sagu
secukupnya garam
50 ml minyak
250 gram daging (cincang halus lalu rebus sampai lunak)

Bahan isi martabak :
5 butir telur
secukupnya daun bawang,
bumbu halus :
daun jeruk
daun salam
1 sdm bawang merah
1 sdm bawang putih
2 siung bawang merah iris
secukupnya garam, merica dan penyedap rasa
secukupnya ketumbar
secukupnya pala bubuk

Langkah pembuatan 60 menit:

Untuk membuat kulit, uleni semua bahan sampai kalis... setelah itu timbang seberat 60 gram.. sisihkan dan rendam dengan minyak selama 3 jam

Untuk membuat isinya tumis bawang merah lalu masukkan daun2, setelah itu tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan daging yg sudah direbus tadi dan bahan2 lain.. ciciipi rasa.. jika sudah pas.. matikan api dan dinginkan ๐Ÿ˜€

Untuk langkah terakhir, ambil satu adonan lalu tipiskan dan isi dengan tumisan daging tadi yang sebelumnya sudah dicampur dengan telur yg sudah dikocok terlebih dahulu.. setelah itu langsung goreng

Untuk kuahnya rebus air, gula jawa, cabe rawit, bawang putih halus, asam jawa dan garam.. cicipi rasaa... ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š

Taburi dengan mentimun biar rasanya makinn muantaaapp๐Ÿ˜„

Entri Populer

Cara Membuat Kue Lapis Sagu Bisa Tahan 5 Hari Mesti Tanpa Lemari Pendingin !!

Resep Membuat BASO TEMPE ISI TELUR Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta!!

Resep Risol Paling Super Hemat. Biasanya Terigu 1/4 jadinya 15-20 Lembar, Tapi Resep ini 1/4 jadinya 30-33 Lembar!